Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Algoritma Google Yang Wajib Di Ketahui

Algoritma Google dan mesin pencari lainnya dibuat untuk sebuah alasan. Yaitu untuk menyingkirkan halaman yang tidak relevan, mengumpulkan halaman yang relevan, menyusun halaman yang relevan untuk menemukan yang paling relevan.

Kita ada satu faktor yang cukup memadai untuk mendapatkan hal diatas. Makan mesin pencari menggunakan algoritma yang menghitung ratusan faktor. Rumus dari Algoritma ini tidak pernah diumumkan; melalui banyak percobaan para pelaku SEO menyimpulkan beberapa faktor umum, seperti:

  • Kualitas link: Jumlah, kualitas, dan teks jangkar yang dipakai pada link masuk.
  • Faktor Onpage: Title tag, Desain responsif, kecepatan muat halaman, struktur halaman, dll.
  • Parameter Brand: Seberapa terkenal brand dari usaha, dan seberapa sering brand dikutip di dunia maya.
  • Konten: Kualiatas dari konten, frekuensi update, jumlah kunjungan dan jumlah bagian di media sosial.
Saat kita belajar SEO, faktor faktor ini merupakan dinamis dan bisa berubah setiap saat. Oleh karena itu ada kelompok orang yang disebut pelaku SEO, yaitu orang-orang yang menghabiskan waktunya untuk mengamati perubahan yang terjadi pada mesin pencari. 

Perubahan yang paling penting selama 4 tahun terakhir ini ada pada 3 algoritma Google selama 4 tahun terakhir ini ada 3 algoritma utamanya, yaitu, Hummingbird, penguin dan panda, dan di dalam artikel ini kita akan belajar mengenal ketiga artikel ini.

Hummingbird



Hummingbird adalah algoritma utama dari google yang di buat dengan menambah faktor pentingnya penggunaan perangkat mobile dalam pencarian. Dengan masuknya hummingbird maka faktor responsive design menjadi penting dibandingkan sebelumnya. Jadi saat ini sangat penting untuk memastikan website kita responsif.

Algoritma hummingbird juga memperkenalkan konsep pencarian yang kontekstual. Google tidak hanya menampilkan hasil percarian berdasarkan kata kunci, tetapi juga mengenai kata kunci yang sangat kuat relasinya dengan kata kunci yang kita masukkan.

Sekarang kita sudah bisa bertanya secara lisan si smartphone dan google akan menjawab pertanyaan tersebut. Misalkan kita memasukkan kata kunci fotografi. Google juga akan mencari hasil pencariaan di keyword photografy, fotografer, kamera, dll. Jadi sangat penting untuk membuat artikel kita penuh dengan sinonim atau kata kata yang berhubungan dengan topik tersebut, supaya kita mendapatkan peluang di mesin pencarian.

Era di mana mengulang kata kunci dengan kaku dan berlebihan sudah lewat. Bukan saja itu tidak menguntungkan dari sisi SEO, tapi juga membuat pembaca tidak nyaman saat membaca tulisan kita. 

Jadi inilah algoritma penentu peringkat dari halaman web kita di hasil pencarian. Namun , sebelum halaman web kita sampai pada penilaian hummingbird, semua halaman web itu harus lolos dari endusan algoritma panda dan penguin.

Panda


Algoritma Google Panda adalah yang membantu hummingbird untuk mensorti faktor onpage dari suatu halaman. Cukup banyak orang yang dulunya mengandalkan halaman web yang spasmmy dan mengulang-ulang kata kunci yang kemudian kandas dan kesulitan mendapatkan ranking di kata kunci yang persaingannya tinggi.

Halaman yang spammy dan menumpuk kata kunci seperti ini masih dapat di temukan  m asuk dalam ranking 10 besar pada kata kunci yang persaingannya rendah atau pada kata kunci yang memang di dominasi oleh halaman halaman web yang spammy.

Jadi Panda ini semacam satpam di pintu depan yang memastikan web tidak melanggar aturan google. Hanya web web yang memenuhi standar dari algoritma panda saja yang bisa masuk ke penilaian selanjutnya di algoritma hummingbird. Dengan kata lain mereka yang tidak lolos  penilaian tidak akan masuk dalam halaman pencarian.

Algoritma Panda bermain di area onpage untuk menentukan seberapa bisa dipercaya sebuah halaman web. Algoritma panda menentukan seberapa bisa dipercaya sebuah halaman web. Algoritma panda menentukan hal hal berikut:
  • Kesegaran halaman. 
  • Apakah ada artikel duplikat dari konten baru kita.
  • Apakah ada kesalahan pengetikan.
  • Apakah ada suatu info yang untuk dan penting di halaman tersebut.
  • Apakah halaman bersifat spam dan penumpukan kata kunci.
5 hal di atas dapat mempengaruhi kualitas halaman kita dalam penilaian google panda. Tentu ada banyak faktor lain seperti otoritas kita dalam penulisan, tapi di Indonesia hal seperti ini masih jarang.

Penguin

Google Panda merupakan salah satu algoritma utama yang dimiliki oleh Google saat. Algoritma ini bisa di sebut sebagai algoritma yang paling penting untuk menyokong akurasi hasil pencarian lewat mesin pencari Google. Google panda telah berevolusi bagaimana cara pandang internet marketer terhadap SEO, serta memberi peringatan bagi siapa yang melanggar peraturan Google.

Algoritma google panda, masuk pada tahun 2011. Pada waktu itu, Google secara resmi mengumumkan kelahiran algoritma yang satu ini. Target yang ingin diraih adalah menjadi filter dari kualitas konten yang ada di mesin pencari, serta berupaya untuk menyingkirkan konten dengan kualitas rendah atau yang tidak menerapkan upaya SEO.

Kunci sukses untuk bisa lolos dari update Panda adalah dengan cara memberikan konten panjang yang berkualitas dan berisi. Kita juga dapat menambahkan beberapa poin lain seperti penggunaan tema yang mobile friendly.



Ihram Salis
Ihram Salis Excellence is not an act, but a habit.

Posting Komentar untuk "Algoritma Google Yang Wajib Di Ketahui"