Header Ads

Rahasia Besar Seorang Pemimpin

Secara umum ada dua jenis orang di dunia. Yang satu di kenal dengan pemimpin, dan yang satunya lagi adalah pengikut. Oleh karena itu, tetapkanlah mulai awal apakah kita akan menjadi pemimpin di bidang yang kita pilih, atau tetap menjadi pengikut.

Perbedaan antara seorang pemimpin dan pengikut terlihat dalam hal kompensasi yang besar. Pengikut tidak dapat mengharapkan kompensasi seperti yang berhak dimiliki oleh seorang pemimpin, walaupun banyak pengikut membuat kesalahan mengharapkan imbalan seperti itu.



Menjadi pengikut sama sekali merupakan bukan hal yang memalukan. Di sisi lain, tidak baik terus menerus menjadi pengikut. Sebagian besar pemimpin mulai dari awal sebagai pengikut. Mereka yang menjadi pemimpin hebat karena mereka adalah pengikut yang cerdas. Dengan beberapa pengecualian,  orang yang tidak bisa mengikuti pemimpin dengan cerdas, atau menjadi pengikut yang cerdas maka orang itu tidak bisa menjadi pemimpin yang efesien.

Orang yang bisa mengikuti seorang pemimpin secara efesien biasanya adalah orang yang dapat mengembangkan kepemimpinannya dengan cepat. Seorang pengikut yang pintar memiliki banyak keunggulan, di antaranya adalah kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dari pemimpinnya.

Tulisan ini saya buat dengan tujuan untuk pengingat diri sendiri. Terutama tentang bagaimana pentingnya menjadi pemimpin yang efisien bagi diri maupun orang lain. Selain itu juga sebagai sarana belajar membagikan pengetahuan tentang kepemimpinan.



Di bawah ini kita akan mengungkap 11 rahasia besar atau faktor faktor penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

1. Keberanian yang tak tergoyahkan.

Berdasarkan tentang diri dan pekerjaan. Tidak ada  seorang pengikut yang ingin dikuasai oleh seorang pemimpin yang tidak memiliki kepercayaan kepada diri sendiri dan keberanian. Tidak ada pengikut pintar yang akan mau di kuasai orang seperti itu dalam waktu yang lama.

2. Pengendalian Diri.

Orang yang tidak bisa mengendalikan diri sendiri, tidak akan bisa mengendalikan orang lain. Pengendalian diri memberikan contoh yang baik bagi para pengikutnya, yang nantinya akan ditiru oleh semakin banyak pengikut yang pintar.

3. Rasa Keadilan yang Tajam.

Tanpa rasa kejujuran dan keadilan, tidak ada pemimpin yang akan bisa memerintah dan mempertahankan pengikutnya.

4. Keputusan yang pasti.

Orang yang goyah dalam keputusannya, menunjukkan bahwa dia tidak yakin akan dirinya sendiri, dan tidak bisa memimpin orang lain dengan sukses.

5. Rencana Yang Pasti.

Pemimpin yang sukses harus merencanakan pekerjaannya, dan mengerjakan rencananya. Seorang pemimpin yang bertindak hanya berdasarkan dugaan tanpa rencana yang praktis dan pasti, bisa di contohkan seperti sebuah kapal tanpa kemudi. Cepat atau lambat dia pasti akan menabrak karang.

6. Kebiasaan melakukan lebih banyak daripada yang diterima.

Salah satu hal yang diperlukan dari seorang pemimpin adalah kesediaan untuk berbuat lebih banyak daripada yang disyaratkan bagi para pengikutnya.

7. Kepribadian yang menyenangkan.

Kepemimpinan membutuhkan rasa hormat. Tidak ada orang yang lamban dan masa bodoh yang akan bisa menjadi pemimpin sukses. Pengikut tidak akan menghargai seorang pemimpin yang tidak punya nilai tinggi dalam factor factor mengenai pribadi yang menyenangkan.

8. Simpati dan pengertian.

Pemimpin yang sukses harus bersimpati dengan para pengikutnya. Lebih-lebih, dia harus memahami mereka beserta masalah mereka.

9. Menguasai Perincian.

Pemimpin yang sukses memerlukan penguasaan atas perincian atau detail kedudukan sebagai pemimpin.

10. Kesediaan untuk memikul tanggung jawab penuh.

Pemimpin yang sukses harus mau memikul tanggung jawab untuk kesalahan dan kekurangan pengikutnya. Jika salah satu pengikut membuat kesalahan, dan memperlihatkan bahwa dirinya tidak kompeten, pemimpin harus berfikir bahwa dia sendirilah yang gagal. Kalau seorang pemimpin mengalihkan tanggung jawab, dia tidak akan tetap bertahan sebagai pemimpin.

11. Kerjasama.

Pemimpin yang sukses harus memahami dan menerapkan prinsip upaya kerjasama dan mampu mendorong pengikutnya untuk melakukan hal yang sama. Kepemimpinan membutuhkan kekuasaan, dan kekuasaan membutuhkan kerjasama.

Para pemimpin yang sukses akan memegang teguh 11 faktor yang di jelaskan di atas. Orang yang menggunakan landasan dan sifat sifat dasar kepemimpinan ini akan mendapatkan kesempatan yang berlimpah limpah untuk memimpin dalam bidang kehidupan apa saja.

Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.