Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudut Pandang dan Mindset Leadership

Leadership atau dalam bahasa Indonesia kita sebut dengan Kepemimpinan. Adalah sebuah kemampuan atau kekuatan dalam diri seseorang untuk mempengaruhi orang lain dalam hal bekerja, yang bertujuan untuk mencapai target atau goal dalam organisasi yang telah ditentukan.


Apa perlunya penerapan Leadership?


Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, dimana seorang manusia memiliki kecenderungan untuk selalu berkumpul dan membentuk sebuah komunitas, dan selanjutnya di sebut dengan organisasi. 

Dalam dunia pekerjaan, ada 3 hal penting yang memiliki peranan penting dalam menjalankan pekerjaan tersebut sesuai dengan target. 

  1. Konseptor
  2. Eksekutor
  3. Auditor

Konseptor


Konseptor merupakan pemimpin yang banyak mempunyai ide kreatif untuk menyusun rencana dan konsep kerja yang baik. Konseptor menghabiskan banyak waktu untuk berfikir, membaca, dan membuat konsep lebih mendetail, seperti misalnya dalam bentuk mind map, grafik, tabel, data, dan lain sebagainya. Konseptor juga mampu membuat suatu hal yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain.

Eksekutor


Eksekutor merupakan pemimpin yang lebih mengedepankan eksekusi dan tidak terlalu mau bersusah payah untuk memikirkan sebuah konsep. Seorang eksekutor lebih cenderung memikirkan bagaimana mengerjakan proyeknya dibanding menanyakan apa yang mau dikerjakan lebih dahulu.

Auditor


Auditor merupakan seseorang yang bertugas untuk melakukan audit, atau melakukan kroscek dalam suatu perusahaan. Semua yang di lakukan oleh Konseptor dan Eksekutor akan di kroscek oleh Auditor, apakah telah memenuhi ketentuan dan efektif bagi perusahaan. Selain melakukan pelaporan yang telah di lakukan, seorang Auditor juga harus tetap memantau apakah tujuan dari perusahaan telah sesuai. Memantau apakah sudah memberikan perubahan yang lebih baik atau belum. 



Dari ke 3 urain singkat di atas, masing masing memiliki peran penting dan saling berhubungan atau bersinergi. Kalau dalam perusahaan hanya ada Konseptor dan tidak ada Eksekutor. Bagaimana mungkin goal atau target dapat tercapai dengan baik. Begitu pula sebaliknya. 

Antara Konseptor, Eksekutor Dan Juga Auditor harus saling memahami agar dapat merealisasikan konsep yang di buat sesuai dengan rencana. Sehingga "goal" menjadi lebih mudah dan cepat di capai.

Dari ketiga unsur tersebut dapat kita ibaratkan seperti tubuh kita. Konseptor sebagai otak yang mengarahkan dan memerintahkan otot, sedangkan eksekutor merupakan tangan dan kaki yang dapat mengerjakan perintah dari otak. 

Tidak mungkin sebuah konsep yang baik di kerjakan tanpa seorang eksekutor. Jika dari ke 3 hal tersebut berjalan dengan baik maka akan memberikan dampak yang hebat pada suatu tujuan.

Kita dapat mempelajari bahwa Leadership bukan hanya memberikan pengaruh, tetapi juga harus mampu memberikan perubahan bagi masyarakat luas. Pemimpin yang memiliki sudut pandang luas dan ide mengenai bagaimana melihat kondisi masyarakat. Apakah keadaanya baik atau tidak baik. Jika kondisinya tidak baik maka mereka langsung turun dan memberikan ide ide untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Umumnya mereka yang menjadi seorang pemimpin karena mempunyai motivasi untuk memperbaiki keadaan, karena mereka melihat dengan hati dan memiliki pemikiran jangka panjang tentang solusi yang di tawarkan.

Jadi Leadership memiliki sudut pandang dan mindset tentang apa yang harus di capai dan juga menjalankan proses dengan hal hal yang efektif dan efesien untuk mencapai goal yang di capai.




Ihram Salis
Ihram Salis Excellence is not an act, but a habit.

Posting Komentar untuk "Sudut Pandang dan Mindset Leadership"