Faktor Faktor Penentu SEO
Melakukan Optimasi dan penerapan SEO supaya traffic bertambah dengan cara selalu memperbaharui isi dari website maupun konten yang di miliki adalah langkah yang tepat. Akan tetapi apakah hal tersebut saja sudah cukup untuk mendapatkan hasil SEO yang maksimal?
Masih banyak faktor faktor lain yang menjadi penentu untuk keberhasilan SEO itu sendiri.
- Onpage Optimazation
Ini merupakan tahapan yang penting untuk melakukan teknik SEO, seperti memodifikasi tag, title, hingga konten dari website tersebut. Dalam menerapkan teknik ini sesuai namanya memang harus selalu terhubung dengan internet. Karena memang websitenya yang di lakukan pengoptimasian.
- Offpage Optimazation
Untuk tahap optimasi offpage merupakan tehnik yang di pakai dengan cara merubah bagian dari luar website, atau memasukkan website kita dari website luar. Seperti contohnya membagikan link lewat sosial media, memberikan backlink di website lain untuk di arahkan ke website kita, dll.Jadi dengan dua faktor penentu tersebut keberhasilan sebuah SEO dapat di harapkan. Karena SEO tidak hanya tentang memperbaharui konten saja. Tetapi banyak hal yang harus di pelajari dan di lakukan agar pengoptimalan SEO berjalan dengan baik.
- HTTPS / Sertifikasi SSL
Menurut Ranking Factor, 65% Website yang berperingkat tinggi di posisi tiga teratas SERP merupakan web yang telah memasang SSL/HTTPS pada kata kunci dengan volume pencarian tinggi.HTTPS merupakan suatu tolak ukur baru dalam membangun sebuah kepercayaan. Karena mesin pencari Google lebih memilih untuk menunjukkan website yang sudah terpasang HTTPS atau SSL dikarenakan web tersebut telah memberikan jaminan keamanan data untuk para pengunjung website tersebut. Dengan beralih ke HTTPS kita dapat secara langsung dapat meningkatkan faktor peringkat (SERP) website, dan jika mengabaikannya hal ini akan mungkin membuat kita terdepak dari halaman 1 Google. Sedikit informasi bahwa kecepatan load atau muat situs akan sedikit meningkat saat beralih ke HTTPS. Untuk saat ini HTTPS merupakan hal wajib bagi sebuah situs web untuk mendapatkan peringkat Google yang lebih baik.
- AMP
AMP merupakan suatu cara yang dimaksudkan untuk mempersingkat waktu muat website yang diakses pada perangkat mobile.Hal ini ditunjukan untuk meningkatkan efisiensi waktu kepada pengguna web dan ini sangat membantu pengguna dalam mengakses informasi secepat mungkin. Seperti yang dinyatakan Google, Mobile-friendliness adalah salah satu hal terpenting dalam menentukan peringkat website Anda di Google.
- Panjang Konten
Google lebih tertarik terhadap konten yang panjang. Halaman yang memiliki lebih banyak konten memungkinkan untuk masuk ke dalam peringkat teratas. Namun selain konten yang panjang, kita harus memastikan bahwa konten tersebut memiliki isi relevan.
- Kata Kunci
Pada beberapa tahun belakangan, kita tidak akan memperoleh peringkat yang tinggi hanya dengan memasukkan banyak kata kunci di dalam judul, meta tag, dan isi dalam konten. Algoritma google telah menjadi lebih baik dan berfokus pada konteks. Oleh karena itu, lebih baik tidak menyertakan terlalu banyak kata kunci di dalam tag judul, dan meta deskripsi. Karena google dapat mengkategorikan konten kita sebagai spam. Mulailah membuat konten yang berfokus kepada kata yang memiliki makna bagi pembaca, dan cobalah untuk berfikir bahwa Anda memberikan informasi kepada manusia, bukan kepada robot.
- Lalu Lintas (Traffic Web)
Kita harus menetapkan dan memberikan tujuan untuk jumah sesion halaman yang tinggi. Jumlah akses yang tinggi secara langsung juga berkorelasi dengan di search engine mana kita di tempatkan. Seperti google, yahoo, Bing, dll.
- Kecepatan Loading
Kita hanya memiliki waktu 3 detik untuk menarik pengunjung ke dalam situs web, apabila loading time web kita lebih dari 3 detik, maka pengunjung akan pergi dan mencari alternatif web lainnya.
- Social Branding
Menurut Google, banyak keuntungan dari social branding yang bisa didapat melalui media sosial. Jumlah like di facebook dan follower twitter juga dapat menjadi faktor peringkat yang bagus untuk web kita. Bahkan profil media sosial kita dapat terlihat di business knowledge graph.
- Atur Ulang Judul, Meta Tag, dan isi Konten
Terkadang judul yang telah kita buat tidak relevan lagi. Maka sudah saatnya untuk mengganti dengan yang baru, karena google akan mengindex ulang halaman yang telah kita perbaiki. Dan saat ini google lebih fokus kepada minat pengguna. (user intent)Dengan melakukan hal tersebut diatas, maka akan menjadikan diri kita menjadi suatu Brand yang kuat. Dan google akan mulai mengandalkan kita.
Posting Komentar untuk "Faktor Faktor Penentu SEO"