Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google SERP Snippet Untuk meningkatkan Traffic Website

Featured Snippet adalah tampilan ringkasan jawaban yang ada dalam kolom cuplikan di bagian atas halaman hasil penelusuran Google (SERP). Kolom cuplikan ini berisi jawaban yang di ringkas dari web page, tautan ke halaman, judul halaman, maupun url.

Pernahkan kita melihat seperti gambar di atas? Ketika kita mengetikkan sesuatu kata kunci dan muncul pencarian seperti gambar di atas. Inilah yang disebut dengan Featured Snippet. Telah tiga tahun lamanya sejak Google merilis Featured Snippet dan masih saja banyak orang yang meremehkannya.

Apabila kita masih tidak yakin kalau Featured Snipped ini bisa menjadi peluang untuk mendatangkan traffic organic yang signifikan.

Featured Snippet ini di buat karena adanya masalah yang berasa dari awal awal adanya penelusuran di internet.Saat penciptaan konten sudah berlipat lipat ganda banyaknya, manusia tidak mampu lagi mengikuti dan mengkurasinya. Selain itu, di perlukan kurasi terbaik yang mendekati aktual. Inilah awal mula penggunakan teknik algoritma dan kurasi oleh mesin.

Saat Google merilis Knowledge Graph, data tersebut sepenuhnya didasarkan pada hasil yang dapat kategorikan oleh manusia. Seperti Freebase dan Kikidata. Kita bisa melihat kalau data tersebut berada dalam "Knowledge Card" tradisional , yang biasa disebut sebagai "answer boxes". Misalnya, kartu itu muncul pada saat kita mencari "Siapa CEO Google?"

Memiliki jawaban pendek atau singkat sekaligus gaktual, tidak ada link korespondensi di situ. Hasil itulah yang datang langsung dari Knowledge Graph yang sudah terkurasi. Kita akan lebih mudah untuk melihat dalam Knowledge Panel di page tersebut.

Meskipun Google melakukan pekerjaan yang bagus untuk mencocokkan begitu banyak bentuk pertanyaan dengan hasil Knowledge Graph. Hal ini tentu karena adanya keterbatasan kurasi mesin.

Kalau pertanyaannya terllau sulit maka jutaan atau milyaran page dalam index akan disortir untuk menghasilkan jawaban yang relevan secara cepat.

Sekaub featured snippet yang telah kami tunjukkan, ada juga tabular data.

Kaitan Featured Snippet dengan SEO

Hasil ringkasan jawaban yang muncul di kolom atau kotak tersebut berada di puncak atau bagian paling atas Google. Para pengguna internet pastinya tidak mau mengambil pusing untuk mencari sendiri halaman yang paling lengkap lainnya bila Google sudah merekomendasikannya. Maka kesempatan page di website kita untuk di kunjungi tentu besar. Bila poengunjung atau web visitor bertambah, berarti traffic kita meningkat dan disinilah SEO berjalan dengan baik.

Menjadikan Konten Page Kita Sebagai Featured Snippet.

Banyak cara yang menjadikan konten kita di jadikan  Featured Snipped. 

Kita dapat membuat struktur konten kita sesuai dengan apa yang disukai oleh mesin pencari google. Ini memang bukan satu satunya perubahan yang harus kita lakukan. Melainkan untuk menyaring konten penting untuk melewati tahap awal penyortiran Google. Kita perlu meringkas di beberapa konten yang mungkin dapat menyajikan informasi secara sistematis. Untuk formatnya kita bisa meniru struktur yang di lakukan oleh wartawan. Seperti 5W - 1H (Who, What, When, Where, Why, and How). Knowledge Graph sangat menyukai konten seperti ini sebab mudah untuk di pakai.

Kita perlu menemukan kata kunci yang cocok untuk featured snippet. Kita dapat menyajikan informasi secara lengkap pada konten kita. Pastikan juga kita memberikan judul dan tag yang sesuai dengan apa yang kita tulis atau  bahas.

Sertakan fakta yang ditandai dengan jelas dalam deskripsi yang kita buat. Deskripsi meta tidak harus dalam format yang sesuai dengan kalimat. Misalnya, informasi penulis, tanggal publikasi atau subjudul yang tercantum pada berita umum. Buat pertanyaan langsung pada konten kita. Kita juga bisa memenuhi konten yang disukai oleh Google dengan membuat minimal 1500 kata panjangnya. Pertanyaan sering membutuhkan jawaban yang komplit dan cukup mendalam.

Featured Snippet Untuk Google Penting?

Bila kita ingin mengetahui perkembangan Google SERP Snippet. Maka kita harus perlu mengajukan pertanyaan yang sederhana. Apa sih untungnya Google membuat fitur seperti ini?

Hal ini karena Google tidak jelas mengapa harus mengambil konten kita dan harus memberikan jawaban langsung kepada pengguna.

Sebenarnya, Google melakukan untuk menahan lebih lama pengguna internet untuk berada di halaman hasil pencarian. Selama ini memang google sering di pakai hanya sebagai perantara di mana pengguna langsung beralih ke page yang ditujukan oleh Google di SERP
Ihram Salis
Ihram Salis Excellence is not an act, but a habit.

Posting Komentar untuk "Google SERP Snippet Untuk meningkatkan Traffic Website"