Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kriteria Website Yang Baik

Setiap pengunjung memiliki kriteria yang berbeda beda tentang website yang baik. Tetapi secara garis besar ada beberapa penilaian website yang dapat digunakan sebagai acuan bagi kita untuk membuat desain atau memperbaiki website yang sedang kita gunakan.


Tujuan yang di pakai untuk dasar acuan kriteria berikut adalah pengunjung baru tentu memiliki kesan pertama untuk dasar penilaian mereka. Pada kunjungan kedua dan seterusnya, penilaian akan beralih ke hal lainnya seperti konten yang bersangkutan. Pentingnya menunjukkan kesan pertama yang menggoda pada sebuah desain bisa dianalogikan dengan ketika kita mencoba menunjukkan kesan pada lawan jenis bahwa kita adalah sosok yang menawan.

Berikut kriteria yang dapat membuat website kita menjadi lebih menarik:

  1. Waktu loading yang cepat
  2. Tidak memuat file multimedia (audio/video) yang banyak
  3. Tidak memiliki halaman antara
  4. Memberikan pesan, kesan dan tautan yang jelas
  5. Memiliki desain dengan struktur yang tepat dan mudah dimengerti
Usahakan pemilihan warna, penempatan loga website dan font yang kita pakai konsisten pada setiap halaman sehingga pengunjung tidak merasa berpindah ke website lainnya. Jangan menempatkan iklan lebih banyak daripada konten. Karena pengunjung tidak mencari iklan. melainkan konten website kita.

Dengan mengikuti kriteria tersebut peluang kita dalam memberikan kepuasan kepada pengunjung menjadi tersedia. Dapat disimpulkan bahwa desain website yang baik dilihat dari sudut pandang target pengunjung, bukan dari tampilan mewah nan indah, melainkan sebuah desain terstruktur dan informatif serta memberikan kemudahan bagi setiap pengunjung untuk menjelajahi website kita.

Walaupun demikian sebuah website yang baik belum tentu dapat membuat pengunjung mengunjungi website kita. Banyak hal lain yang harus kita lakukan. Seperti yang telah kita bahas pada artikel artikel sebelumnya.
Ihram Salis
Ihram Salis Excellence is not an act, but a habit.

Posting Komentar untuk "Kriteria Website Yang Baik"