Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melakukan Analisa Untuk Memaksimalkan Kinerja SEO

Banyak yang mengganggap SEO hanya perkerjaan yang dilakan sekali selama umur website. Nyatanya tidak demikian.

SEO adalah proses yang berkelanjutan. Seorang pemilik website harus terus mengamati kinerjanya di website mereka sambil melakukan usaha usaha untuk memaksimalkan SEO. Untuk bisa melakukan optimasi, kita harus tahu apa yang terjadi di website kita. Bagaimana angka yang muncul, apakah terjadi kenaikan atau penurunan performa.

Tanpa mengetahui angka yang relevan, kita tidak akan tahu apa yang terjadi dengan website kita. Dengan mengetahui angka angkanya, kita sama sekali tidak akan tahu apa yang perlu di benahi dan apa yang sudah baik.


Hal hal yang harus kita ketahui dan lakukan:

Karena penilaian merupakan proses terakhir dalam SEO, kita harus dahulu melakukan ini:

  • Optimasi Halaman Website = SEO On Page
  • Membangun Link dan Popularitas = SEO Off Page
  • Prinsip Content Marketing dalam SEO
Setelah itu barulah kita siap melangkah ke langkah pertama.

Integrasikan Search Console dan Google Analytics

Meskipun banyak orang mengatakan kedua tool ini tidak wajib, tapi bagi seorang praktisi SEO yang serius keduanya harus di gunakan.
Setelah kita pasang dan instal. Tidak akan terjadi apa apa dalam waktu singkat. Kedua tool ini membutuhkan waktu beberapa hari setelah terpasang karena baru akan terkumpul datanya.

Data data tersebut akan dipakai untuk mengoptimasi lebih lanjut.

Crawling dengan alat bantu

Crawling adalah proses yang dilakukan oleh mesin pencari untuk menjelajah halaman halaman website sambil mengumpulkan informasinya. 
Tujuannya adalah untuk mengetahui gambaran besar dari website kita. Apakah terjadi error, apakah ada broken link, duplikat internal, dan meta tag yang kosong. Gunakan salah satu dari 3 tool ini:
1. ScreamingFrog SEO Spider
2. WildShark SEO Spider
3. BeamUsUp SEO Crawling Software

ScreamingFrog merupakan yang fiturnya paling lengkap, tapi versi gratisnya hanya bisa melakukan scan untuk 500 halaman dalam sekali jalan. Sedangkan versi premiumnya $99 per tahun.
Beberapa proses perbaikan dengan ScreamingFrog dibahas dalam panduan teknik SEO ini. Karena tampilan ketiganya mirip, kita dapat menerapkan panduan tadi untuk tool yang manapun.

Riset Kata Kunci Lebih Lanjut

Dalam seri panduan SEO ini sudah dibahas singkat terkait riset kata kunci yang akan dipakai dalam
1. Judul
2. Meta Description
3. Konten

Tapi kalau kita memang berniat menjadikan mesin pencari sebagai traffic utama, kita harus melakukan riset kata kunci yang lebih lanjut.

Analisa Performa Konten

80% atau lebih dari sebuah halaman di website kita adalah konten. Jadi pengaruh konten terhadap SEO setidaknya adalah 80% dari keseluruhan yang kita lakukan.

Manusia suka mendapatkan konten yang memuaskan, sehingga mesin pencari akan memberikan peringkat yang baik kepada konten yang memuaskan atau yang berkualitas.
Ihram Salis
Ihram Salis Excellence is not an act, but a habit.

Posting Komentar untuk "Melakukan Analisa Untuk Memaksimalkan Kinerja SEO"