Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menguasai Halaman Pertama Google Dengan Trik SEO Terbaru

Ada banyak yang harus kita lakukan sebagai bisnis pemasaran online. Memang banyak traffic source yang dapat kita andalkan untuk mendapatkan pengunjung. Tetapi SEO masih mendapat posisi yang cukup besar. Karena di bandingkan dengan sumber traffic lainnya. SEO masih tetap yang terbaik.

Inilah beberapa stratego SEO yang dapat kita praktekkan di tahun 2019 ini.

Penelusuran Suara

Pada saat sekarang ini penelusuran suara menjadi alternatif yang paling banyak di gunakan oleh pengguna internet. Mereka biasanya mengajukan pertanyaan untuk menggunakan penelusuran suara ini. Kata yang sering keluar adalah kalimat pertanyaan, seperti apa, siapa, mengapa, dimana, kapan, dan bagaimana.

Yang paling penting adalah kita menyediakan konten yang bisa menjawab pertanyaan mereka. Selain itu kita juga dapat mengotimasi judul.

Pengalaman Pengguna

Seperti yang sebelumnya, Google masih menyukai website yang memiliki  pengalaman pengguna yang baik. Semakin baik pengalaman pengguna dari website kita. Maka semakin besar kesempatan kita untuk mendapatkan peringkat yang baik di SERP Google.

Website yang memiliki pengalaman pengguna yang buruk, seperti loading yang lama, navigasi yang berantakan, terlalu banyak iklan dan website yang membingungkan, website itu sangat besar peluangnya untuk turun peringkat dari waktu ke waktu.

Ini sangat penting dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Sehebat apapun SEO Offpage yang kita lakukan, namun pengalaman pengguna buruk akan menurunkan peringkatmu.

Standar pengalaman pengguna terus naik dari waktu ke waktu. Jadi pastikan website kita tidak ketinggalan dengan yang lain. Salah satu tool yang digunakan untuk melakukan pelacakan pengalaman pengguna adalah Google Analytics. Menggunakan alat ini kita dapat mendapatkan banyak informasi terkait dengan behaviour atau perilaku pengguna di website. 

Bila sudah mendapatkan informasi dari google analytics kita dapat memperbaiki user experience agar membaik.

Konten yang SEO Friendly

Ketika bicara tentang konten, itu artinya tidak hanya artikel saja. Ada video, gambar, pdf, powerpoint dsb.

Sampai saat ini konten masih berdampak langsung terhadap pengalaman pengguna. Jadi kita harus berusaha membuat konten sebaik mungkin dan menarik.

Bila website kita saat ini masih belum mendapatkan peringkat di halaman pertama Google. Maka, salah satu yang harus di benahi adalah perbaikan dan evaluasi konten-konten kita. Apakah konten yang kita sediakan sudah lebih baik dari kompetitor kita yang ada di halaman pertama Google.

Bila konten kita lebih buruk dan kita tidak mengubahnya. Maka sangat sulit untuk website kita untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama Google.

Jadi kita harus mengevaluasi konten website yang telah kita buat sebelumnya.

Link Building

Backlink masih menjadi faktor yang cukup penting dalam menentukan peringkat web. Karena melalui backlink, google dapat mengukur otoritas website. Semakin banyak backlink yang kita dapatkan maka semakin bagus untuk web kita. Tetapi ingat, kita tidak boleh memasang backlink sembarangan. Backlink ini ibarat vitamin dalam tubuh. Apabila kita memberikan yang baik maka kita akan sehat. Tetapi bila kita memberikan yang buruk maka kita akan sakit.

Meningkatkan CTR

Secara sederhana CTR bisa diartikan dengan jumlah klik dari total tayang ketika berada dihalaman pertama Google. Misalnya, jumlah pencari informasi yang mengetikan kata kunci di Google sebanyak 1000 kali dan website kita mendapatkan klik 30 kali. Maka CTR dari website kita adalah 30/1000 , atau 3%

Semakin tinggi CTR website, maka semakin besar peluang webite kita bertahan di halaman 1 Google.

Cara meningkatkan CTR di antaranya optimasi judul dan deskripsi halaman website, optimalkan url halaman websitemu, gunakan angka pada judul halaman mu.

Gunakan Konten Video

Melalui video kita mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Ini membuat pengalaman pengguna semakin baik.

Sisipkan video pada setiap tulisan yang kita terbitkan. Kita bisa membuatnya sendiri atau mengambil video yang relevan di youtube.


Ihram Salis
Ihram Salis Excellence is not an act, but a habit.

Posting Komentar untuk "Menguasai Halaman Pertama Google Dengan Trik SEO Terbaru"