Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Optimasi Meta Tag

Meta Tags atau Meta Elemen adalah elemen HTML yang dipakai untuk membentuk struktur meta data dari sebuah halaman website. Ini bisa berisi deskripsi halaman, keyword, bahasa, panulis, pengaturan robot, dan lain sebagainya. Meta Tags ini memainkan peranan penting dalam SEO website, khususnya untuk SEO onpage, bila kita tidak benar dalam menggunakan meta tags ini dipastikan kita sudah berhasil meningkatkan 30% dari SEO website kita. Meta tag biasanya ditempatkan di headaer dari halamna website.



Berikut ini Meta Tags Yang Sering Ada Pada Sebuah Website

  • Meta Title
  • Meta Description
  • Meta Keyword
  • Meta Languange
  • Meta Robot
  • Dll

Title Tags

Title tags tidak lain adalah judul halaman web anda, pada bagian ini kita menentukan judul website atau judul halaman, untuk membuat judul halaman setidaknya tidak terlalu panjang atau tidak terlalu pendek. Situs yang baik tentu memiliki title tags yang efektif pula, tidak perlu spamming dibagian ini. Title tag akan ditampilkan sebagai link utama ke website di hasil pencarian dan juga akan tampil sebagai judul yang muncul di browser.

Meta Description

Description tag adalah tempat kita menjelaskan secara singkat mengenai sebuah halaman. Deskripsi ini tidak boleh lebih dari 120 karakter. Tag juga akan di tampilkan dalam hasil pencarian google. Tepatnya berada di bawah title tag.  Tag deskripsi sebaiknya tidak dipakai untuk menulis kata kunci, namun penjelasan tentang halaman website saja, namun dapat mengandung frasa kata kunci utama dan sebaiknya jangan sampai menuliskan frasa tersebut secara berulang.

Meta Keyword

Keyword adalah kata yang menargetkan halaman web. Keyword mewakili ini halaman web. Ketika kita memilih kata kunci yang kita gunakan tersebut harus relevan dengan konten halaman web nya, hal ini biasa dikenal dengan Content Relevance. Keyword biasa ditempatkan dibawah tag description. Beda dengan tag deskripsi yaitu meta keyword bisa berisi lebih dari satu kata namun dipisahkan oleh tanda koma.

Meta Robot

Meta robot dipakai untuk mengatur izin dari robot milik search engine, yaitu menentukan apakah mereka boleh mengikuti perubahan yang ada di website kita maupun tidak. Sebaiknya untuk halaman depan website ini perlu di izinkan, namun untuk halaman administrator jangan biarkan search engine mengetahuinya.
Meta robot biasanya berisi
  • Index: Membolehkan robot search engine meng-index halaman website kita.
  • Foolow: Membolehkan robot search engine mengikuti perkembangan/perubahan yang kita lakukan pada website.
  • NoIndex: Tidak memberi izin robot untuk mengindex website.
  • NoFollow: Tidak membolehkan website untuk mengikuti perubahan yang terjadi pada website.
  • NOARCHIVE, NOODP, NOYDIR

Meta Language

Meta ini digunakan untuk mendeskripsikan bahasa yang dipakai oleh website. Ini juga memudahkan search engine, jika seseorang muncul dan mencari di google dan dia berasal dari Indonesia, maka website-website yang berbahasa Indonesia pasti akan di prioritaskan untuk muncul di hasil pencarian orang tersebut.

Meta Lainnya

Beberapa Meta telah kita bahas, itulah beberapa meta yang penting untuk kita ketahui dan perlu dipasang di website kita. Tentunya masih banyak meta-meta lain untuk menunjang kemunculan, baik di sosial media maupun di search engine.

Ihram Salis
Ihram Salis Excellence is not an act, but a habit.

Posting Komentar untuk "Optimasi Meta Tag"