Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Upadate algoritma Google yang terbaru, website yang berkualitas tidak hanya bagus untuk mesin pencari, tapi juga untuk pembaca.

Tips untuk menulis artikel SEO sebenarnya sangat banyak bertebaran di internet, tetapi tidak semua nya dapat di aplikasikan, dan ada beberapa yang sudah outdated atau telah tidak efektif lagi untuk di gunakan sekarang ini. Mengingat Google terus memperbarui algoritmanya.

Berikut tips menulis SEO Friendly yang akan membantu kita mendapatkan hasil yang di inginkan.


  • Utamakan Pengalaman Pengguna

Pengalaman pengguna atau user experience menjadi poin paling penting dalam menulis artikel SEO Friendly. Dan nantinya pada cara selanjutnya akan banyak berhubungan  dengan user experience atau biasa disebut UX.

User experience sangat susah di manipulasi karena diluar kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang dipakai google untuk meminimalisir ranking di mesin pencari mereka.

User experience berarti aktivitas dan respon pengguna ketika menjelajahi blog kita. Semakin lama pembaca berada di blog kita maka semakin berkualitas isi dari web tersebut.

Jadi se-expert apapun teknik penulisan artikel SEO kita, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Faktor faktor yang mempengaruhi eser experience misalnya :


  1. Desain website yang profesional
  2. Navigasi yang mudah
  3. Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca
  4. Meminimalisir Kesalahan Ejaan (typo)
  5. Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
  6. Kecepatan loading
  7. Responsive design
  8. dsb.

  • Gunakan Keyword di Judul Artikel

Hal ini wajib dilakukan jika kita ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul merupakan elemen pertama yang akan di crawl oleh Google.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang berada di awal kata.

Hal ini bukan suatu keharusan karena juga harus menyesuaikan dan mengundang klik.

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user  hanya karena demi mengejar keyword utama di dalam title postingan.

  • Gunakan Judul yang mengundang Klik

Usahakan judul untuk search engin tetap enak di baca, karena nantinya pengunjung akan pertama kali membaca judul dan deskripsi tulisan kita di search engine sebelum masuk web.

  • Tulisan Artikel Panjang & Dalam

Semakin panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine. Kalau kita menulis artikel panjang dengan tetap mengutamakan user experience tentu itu menjadi bagus. Tetapi jika kita menulis panjang hanya untuk memenuhi target SEO, itu tidak akan efektif.

  • Gunakan Internal Linking.

Lagi lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience. Bila kita merasa 10 internal link tidak akan membuat pembaca terganggu ya tidak masalah. Cobaa kita lihat wikipedia. berapa internal link nya? banyak. Dengan internal link. bila salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi ke halman lain. Atau biasa disebut dengan link juice.

  • Optimasi Meta Deskripsi

Dengan menaruh keyword utama di meta deskripsi , kita bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user terutama paragraf pertama.

Meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kita dalam batasan jumlah karakter ini. Bila melebihi maka deskripsi akan terpotong. Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kita dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Ihram Salis
Ihram Salis Excellence is not an act, but a habit.

Posting Komentar untuk "Tips Menulis Artikel SEO Friendly"