Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meningkatkan Domain Authority (DA) Website

Domain Authority (DA) merupakan metrik yang di kembangkan oleh situs Moz. Dan ini merupakan suatu hal yang memiliki nilai penting untuk pengoptimalan SEO. Semakin besar DA kita maka kemungkinan untuk memiliki lalu lintas yang padat dan mendapatkan peringkat tinggi cukup powerful.



Sebelum kita membahas lebih dalam tentang DA, ada beberapa hal yang harus kita ketahui.


  • Domain Authority (DA) didasarkan pada beberapa faktor. Faktor seperti berapa banyak backlink menuju situs kita dan bagaimana otoritatif situs tersebut.
  • Hal ini cukup sulit karena untuk mendapatkan sejumlah DA dengan nilai 100. Hanya situs Facebook dan Google yang memilikinya. DA sulit untuk berpengaruh secara langsung. Kita tidak dapat mengubah skor DA dengan mudah.
Jadi bagaimana meningkatkan Domain Authority (DA)?
Untuk meningkatkan DA memang dibutuhkan waktu yang tidak cepat, tetapi kita harus tetap melakukan sesuatu untuk meningkatkan DA situs kita. Pada tingkat yang paling dasar, untuk memiliki profil link yang baik, kita harus melakukan dua hal terlebih dahulu:
  1. Membuang Backlink yang buruk.
  2. Mendapatkan dan menanam Backlink yang baik.
Bila kita pernah memberikan backlink yang tidak berkualitas pada situs kita, maka kita haurs menghapus URL tersebut, untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Kita harus melakukan optimasi SEO yang berkualitas pula. Sehingga jaminan yang diberikan adalah domain yang memiliki kualitas baik. Atau kita bisa membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat sehingga ada pengunjung yang memberikan backlink baik ke situs kita secara sukarela.

Berikut 5 cara untuk meningkatkan Domain Authority
1. Pastikan Kita Menggunakan SEO dengan Benar
Tehnik SEO merupakan landasan penting dari segala aspek dunia Optimasi. Mengoptimalkan SEO on-Page memang harus kita lakukan supaya situs kita bekerja dengan baik dan mendapatkan peringkat di mesin pencari atau Google. Kita dapat mengoptimalkan robots.txt atau memetakan struktur URL. Dengan memakai tehnik SEO dengan benar adalah inti dari upaya perbaikan nilai DA.

Moz menjelaskan, untuk meningkatkan nilai DA, kita harus meningkatkan SEO secara keseluruhan, dan itu termasuk semua rincian yang SEO Friendly. Struktur situs, navigasi yang mudah, breaddcumbs, struktur URL, meta tag, tag header, jumlah kata, kata kunci, tag alt, dll. Kita juga perlu menerapkan SEO dan konten marketing secara bersamaan, karena hal itu saling ada keterkaitan.

Jadi kita harus memastikan bahwa SEO yang kita pakai berjalan normal sebelum kita melangkah lebih jauh dalam mengejar DA yang tinggi.
2. Share Sosial Media
Social media seperti Youtube, twitter, Instagram, Pinterest, Linkedin, Facebook, dan yang lainnya merupakan tempat gratis untuk membagikan artikel, social media merupakan tempat untuk mendapatkan trafik selain dari mesin pencari Google,

Google juga terus mengupdate algoritma untuk peringkat situs pada otoritas media sosial. Jika jangkauan sosial website kita populer, maka otoritas situs pasti akan naik secara bertahap, dan akan mempengaruhi posisi peringkat Google. Media sosial memiliki peran yang penting untuk meningkatkan Domain Authority situs dan popularis situs. Jadi kita sangat harus melakukan share artikel ke berbagai media social agar nilai DA kita meningkat.
3. Mengembangkan Internal Link
Internal Linking adalah menjalin jaringan di dalam situs, yang akan menguntungkan pengguna maupun untuk pengindeksan situs. Sebuah situs yang tidak memiliki internal link merupakan situs yang buruk dan lemah dalam SEO. Tapi situs yang memiliki link internal yang kuat akan menjadikan situs kita menjadi situs yang memiliki SEO tangguh.

Hal yang sangat penting adalah ketika kita memiliki banyak konten, dan konten tersebut bisa kita hubungkan antara yang satu dengan yang lain. Semakin banyak link yang kita buat, tentunya akan memperkuat jaringan situs yang padat dan kuat.
4. Menghapus Backlink Spam
Kita harus menghapus backlink buruk yang kita tanam. sesekali kita harus masuk ke dalam profil link kita. bila kita menemukan link spam tersebut, kita dapat menyingkirkan link link tersebut.

Kita akan mendapatkan keuntungan kompetitif yang besar dengan teratur membersihkan profil link kita. Ini adalah satu satunya cara untuk memiliki link profil rapi. Kita dapat membangun backlink yang berkualitas. Jika link profil kita penuh dengan spam maka kita tidak dapat memperoleh keberhasilan dari pemasaran konten. DA kita akan rendah dan kalah bersaing di mesin pencari
5. Bersabar
Bila kita sudah melakukan apa yang telah di jelaskan diatas, maka DA akan naik. Salah satu fakto yang juga berpengaruh untuk mendapatkan nilai lebih tinggi dari DA adalah faktor usia domain.

Secara umum, semakin tua domain, semakin tinggi kewenangannya. Untuk mencek usia domain kita dapat memakai tool gratis yang banyak tersedia.
Usia domain tidak secara otomatsi di terjemahkan ke dalam otoritas domain, namun bila doamain mengalami penurunan kualitas dan mempertahankan tehnik SEO yang sudah jadul, dan tidak memiliki konten update maka domain tersebut bisa kehilangan DA.

Memiliki website dengan SEO yang bagus tidak terjadi dalam sehari. SEO membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Konten yang baik juga akan memberikan pengaruh yang baik terhadap segala sesuatunya. Maka konten yang berkualitas untuk saat ini hukumnya wajib.
Ihram Salis
Ihram Salis Excellence is not an act, but a habit.

Posting Komentar untuk "Meningkatkan Domain Authority (DA) Website"