Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Belajar Internet Marketing, Desain Dan Videografi

Masih ingatkah kita dengan slogan telkom dari tahun 2009 sampai sekarang?
"The World In Your Hand" (Dunia Dalam Genggamanmu). Ini merupakan slogan terbaik dari telkom (menurut saya lho). Pada tahun tahun sekarang ini, dimana zaman semakin berkembang. Kita dapat menjangkau dunia hanya dengan satu layar di depan jari kita.

Bukan hanya hubungan dengan orang lain, pedagang dan perusahaan semakin dimudahkan. Karena internet menjadi salah satu media untuk melakukan kemudahan itu semua. Dan mencari uang pun bisa semudah membalikkan telapak tangan melalui internet.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui ilmu bagaimana cara memanfaatkan dan menggunakan kemudahan itu semua. Salah satu hal tersebut yaitu dengan belajar Internet Marketing.

Jadi apa sih Internet Marketing itu? Bagaimana cara melakukannya? dan hasil apa yang bisa diperoleh dari Internet Marketing? Mari santai sejenak. Kita lanjutkan baca postingan ini di bawah

Pengertian Internet Marketing


Dalam bahasa Indonesia Internet Marketing berarti pemasaran melalui Internet. Adalah segala cara yang bisa dilakukan oleh individu maupun perusahaan untuk memasarkan produk maupun jasa mereka melalui media elektronik atau internet. Istilah ini juga bisa disebut dengan cyber marketing, online marketing, atau e-marketing. Semua pengertiannya sama.

Cara menerapkan internet marketing diantaranya yaitu untuk bertujuan memperkenalkan barang atau jasa kepada lebih banyak orang. Aktivitas Internet marketing itu sendiri meliputi pembuatan produk iklan, pencarian pasar atau prospek pembeli, serta penulisan kalimat atau konten (copywriting) untuk menjual produk atau jasa kita.

Beberapa Manfaat dari Internet Marketing

  1. Tidak Ada Lagi Batasan Waktu

Sebelum kita mengenal Internet marketing, rata rata pemasaran tradisional dilakukan dengan waktu yang terbatas. Misalnya seperti iklan di televisi, radio, dll. Ketika mulai memasuki tengah malam maka keefektifan iklan tersebut berkurang karena tidak tersampai semua kepada calon konsumen.

Dengan menggunakan Internet Marketing, kapanpun kita memasarkan produknya, maka produk yang di tawarkan dapat dilihat 24 jam hingga 25, hayoo. Yang 1 jam punya siapa itu. Apalagi didukung dengan meningkatnya smartphone yang hampir semua orang memilikinya.

2. Dapat Menjangkau Pasar Internasional


Masih ingat kita dengan slogan telkom di awal bahasan kita tadi? The World In Your Hand. Saat ini dunia berada dalam genggaman kita. Mereka yang berada di sebrang pulau maupun sebrang benua sana bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang apa yang telah kita lakukan di internet. Kurang apa lagi coba? kereen kan

3. Biaya Pemasaran Menjadi Murah


Ketika kita masih menggunakan biaya pemasaran seperti cetak brosur, spanduk dan lain sebagainya, kini dengan menggunakan internet marketing, biaya pemasaran menjadi lebih murah dan juga lebih efektif agar produk kita di ketahui oleh banyak orang.

4. Menjadi Penghubung yang Efektif


Dengan internet, saat ini kita menjadi lebih mudah berhubungan dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak yang sangat jauh. Daripada kita menggunakan surat yang membutuhkan waktu berhari hari untuk dapat sampai.

Pemanfaatan Desain Grafis

Desain grafis dapat kita kaitkan dengan pemanfaatan ilmu Internet Marketing. Manfaat Desain Grafis juga lekat dengan persepsi, branding, pencitraan, dan juga komunikasi. Dengan bisa melakukan desain grafis kita bisa dengan mudah membuat suatu informasi menjadi menarik dan lebih nyaman dilihat secara visual. Untuk menjadi seorang desain grafis kita hanya perlu kreatifitas dan tentu saja ilmu ilmu dasar menggunakan software desain.

Desain grafis memiliki banyak manfaat pada era sekarang ini. Karena desain adalah karya seni yang selalu di butuhkan selamanya di dunia marketing. Berikut beberapa manfaat Desain Grafis :

1. Mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikannya dalam bentuk gambar.
2. Memperkenalkan dunia desain kepada masyarakat sehingga dapat di gunakan di lingkungan.
3. Menyiapkan masyarakat agar bisa memahami dengan mudah pesan yang di sampaikan dalam bentuk grafis atau gambar.

Dengan belajar desain grafis dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kreativitasnya.

Videografi

Lihat lah di sekitar kita, banyak sekali orang yang membuang waktunya untuk menonton video, entah itu di bioskop, di tv, bahkan di smartphone kita sendiri. Mari bertanya pada diri sendiri. Berapa jam waktu yang kita habiskan sehari untuk menonton video di smartphone kita. Bisa video dari facebook, youtube, twitter, instagram, dll. Pasti sebagian besar dari kita menghabiskan lebih dari 1 jam. bahkan bisa seharian penuh.

Untuk bisa melakukan videografi ada beberapa persiapan untuk kita lakukan agar dapat melakukan unsur videografi itu sendiri.

Pastikan kita sudah memiliki gambaran, hasil yang mau di capai seperti apa. Tentukan tujuan. Ini penting agar dalam kita menciptakan atau membuat video memiliki tema yang jelas.

Kemudian bikin jadwal terarah, agar kita tidak banyak membuat waktu yang sia-sia. Tentunya setiap proses orang berbeda beda dalam mengambil sebuah video. Tetapi yang paling penting adalah kita mau untuk melakukannya.

So. .  Practice make you perfect.

Sekian dulu. Semoga bermanfaat.


Ihram Salis
Ihram Salis Excellence is not an act, but a habit.

Posting Komentar untuk "Manfaat Belajar Internet Marketing, Desain Dan Videografi"